Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menjalani Pemeriksaan ke Dokter Spesialis Radiologi di Jakarta Pusat

Radiologi Jakarta Pusat

Diagnosa sebuah penyakit memang tidak cukup sekedar melihat dari gejala atau ciri-cirinya, melainkan juga harus dilakukan pemeriksaan secara langsung dengan menggunakan alat-alat tertentu untuk memastikan. Salah satu diantaranya adalah radiologi, bagian yang satu ini menangani masalah pemeriksaan yang berhubungan dengan organ dalam tubuh manusia. Hampir semua rumah sakit pastinya memiliki dokter spesialisnya. Dokter spesialis radiologi di Jakarta Pusat termasuk salah satu yang kualitasnya baik, karena menggunakan fasilitas yang memadai.

Sebagian diantara Anda sendiri tentunya sudah tidak asing dengan jenis pemeriksaan yang satu ini bukan, karena biasanya setelah konsultasi dengan dokter umum, jika seandainya kondisi yang dialami tersebut tidak membaik maka akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan, Anda nantinya digiring ke dokter spesialis radiologi, guna memeriksa kemungkinan keberadaan penyakit dalam yang lebih berbahaya menyerang tubuh. Meskipun hasilnya lebih akurat, memang terkadang jenis pemeriksaan semacam ini memiliki beberapa resiko bagi tubuh Anda, sehingga harus berhati-hati.

Berikut ini diantaranya beberapa resiko efek samping yang hendaknya harus diwaspadai, yaitu:

1. Mual dan juga muntah, biasanya pasien akan merasakan ada sensasi logam yang ada di dalam tubuh jika seandainya memang ada cairan kontras yang sebelumnya disuntikkan. Dalam beberapa kasus sendiri tak jarang keberadaan dari cairan kontras tersebut juga akan menyebabkan pasien mengalami tekanan darah yang turun secara drastis, hingga syok anafilatik, bahkan juga terkena serangan jantung.

2. Mempengaruhi perkembangan dan juga pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan, hal inilah yang harus diwaspadai pada wanita yang sedang hamil, mengingat faktanya sinar X yang digunakan pada saat melakukan pemeriksaan semacam ini juga bisa mempengaruhi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan Anda.

3. Sementara itu untuk prosedur pemeriksaan dengan CT Scan sendiri juga memiliki beberapa macam resiko, seperti diantaranya adalah meningkatkan resiko terkena kanker dan juga merusak DNA manusia. Apalagi jika seandainya pasien tersebut adalah anak-anak, maka resikonya juga akan semakin tinggi. Untuk itu maka harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menanganinya sebelum dilakukan tahap pemeriksaan ini.

4. Penggunaan cairan kontras pada beberapa orang juga dapat meningkatkan resiko terkena alergi, seperti diantaranya adalah kulit gatal hingga munculnya bintik-bintik merah di kulit.

Sebelum pemeriksaan radiologi ini dilakukan, setidaknya memang ada beberapa persiapan teknis yang akan dilakukan, setiap jenis pemeriksaan radiologi yang berbeda, maka jenis persiapan yang dilakukan juga berbeda. Berikut ini diantaranya yang harus diikuti, yaitu:

1. Gunakan pakaian yang nyaman da juga longgar, hal ini ditujukan agar nantinya pasien lebih mudah untuk membuka pakaian tersebut selama pemeriksaan berlangsung. Di beberapa rumah sakit mereka akan memberikan pakaian khusus yang harus dikenakan oleh pasiennya.

2. Melepaskan perhiasan yang digunakan, termasuk juga diantaranya adalah jam tangan dan juga alat-alat yang mengandung logam, sehingga nantinya tidak akan menganggu. Karena memang benda-benda tersebut nantinya dapat memblokir sinar X yang digunakan untuk pemeriksaan.

3. Dalam pemeriksaan tertentu khususnya yang berhubungan dengan organ pencernaan, maka pasien mungkin akan diminta oleh dokter untuk berpuasa, tidak makan dan juga minum selama beberapa jam sebelum pemeriksaan dilakukan.

Itulah setidaknya beberapa hal yang harus dilakukan saat akan menjalani pemeriksaan radiologi ini. kunjungi dokter spesialis radiologi di Jakarta Pusat yang memiliki fasilitas lengkap dan juga berkualitas.

No comments:

Powered by Blogger.