HP China Mulai Saingi iPhone

iPhone vs hp china

Vendor hp asal China menguasai lima besar produsen smartphone global. Berdasar laporan paling baru dari Counterpoint Research, China memberi lebih dari seperempat pengapalan smartphone global ke penjuru dunia. 

Angka ini sebenarnya turun 9 % dari tahun ke tahun (YoY). Tidak hanya China, Korea Selatan dengan Samsung-nya makin menguatkan diri jadi pemimpin smartphone global. Ini membuat iPhone makin tertekan sebab alami penurunan pengapalan. 

Menurut Counterpoint Research, walau masih tempati tempat ke-3, pengapalan iPhone alami penurunan dari 41,3 juta di kuartal II tahun kemarin jadi 36,4 juta pada periode yang sama tahun ini, atau seputar 11 %. 

Tetapi menurut CEO Apple, Team Cook, trend penjualan iPhone alami penambahan. Walau ia mengaku jika pengapalan serta penghasilan makin alami penurunan. Awalnya, Apple menginformasikan penghasilan iPhone turun 13,2 % dengan YoY. 

Supremasi Vendor China serta Samsung 

Pada saat Apple makin tertekan, hp China serta Samsung makin agresif. Seperti disebutkan awalnya, Samsung masih merajai smartphone global dengan market share sebesar 21,3 %, naik dari 19,6 % di periode yang sama tahun kemarin. 

Di tempat ke-2 ditempati Huawei yang naik tipis dari 14,9 % ke 15,8 %. Hasil ini lumayan menarik mengingat pada Mei lalu, pemerintah AS sudah sempat memblok usaha Huawei dengan perusahaan AS yang meneror operasional Android di smartphone Huawei. 

"Dampak dari penutupan tidak dapat mengakibatkan penurunan pengapalan sepanjang kuartal ini, yang berarti tidak bisa menjadi permasalahan nantinya," jelas Counterpoint Research Associate Director, Tarun Pathak, dikutip KompasTekno dari Economic Times, Kamis (1/8/2019). 

Menurut dia, Huawei lakukan penetrasi di China serta hasilnya lumayan baik untuk tutup penurunan pengapalan di pasar luar negeri. 

Dibawah Apple ada Xiaomi sebagai vendor smartphone nomer empat di dunia, dengan market share 9 %, naik dari periode awalnya 8.,8 %. 

No comments:

Powered by Blogger.